Items filtered by date: Thursday, 10 August 2017

Kesadaran masyarakat Bangka-Belitung akan pentingnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi semakin meningkat, terbukti tidak kurang dari 1.084 mahasiswa baru resmi terdaftar di UPBJJ-UT Pangkalpinang pada semester 2017.2 ini (tahun ajaran 2017/2018.1). Angka ini adalah untuk jumlah mahasiswa baru 2017.2 untuk program Nonpendas (Non Pendidikan Dasar), yakni FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP. Dalam rangka mengenalkan proses perkuliahan di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh kepada seluruh mahasiswa baru tersebut, UPBJJ-UT Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Bertempat di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Minggu (06/08/2017), sekitar 550 mahasiswa baru termasuk dari program Pascasarjana menghadiri acara yang dimulai tepat pukul 09.30 WIB tersebut. Sebelumnya, Sabtu (05/08/2017), juga diselenggarakan kegiatan serupa di Hotel Puncak Tanjung Pandan khusus untuk mahasiswa baru UPBJJ-UT Pangkalpinang yang berdomisili di wilayah Pulau Belitung. OSMB di Belitung dihadiri sejumlah 126 orang.

 

Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si, memberikan sambutan dengan menekankan pada makna sebenarnya dari Perkuliahan Jarak Jauh. Dijelaskan Adrian, maksud jarak jauh dalam sistem pembelajaran di UT berarti ada keterpisahan jarak dan waktu antara mahasiswa dengan dosen. Oleh sebab itu, harus ada media yang memfasilitasi proses belajar tersebut. “UT berbeda dari perguruan tinggi tatap muka, UT tidak ada kelasnya, tempat belajar atau kelas UT itu ialah di mana kita berdiri. Artinya, belajar dapat dilakukan di mana saja oleh mahasiswa sendiri asal ada modul,” kata Adrian. Pada acara yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam itu, Kepala UT pangkalpinang juga tidak lupa memotivasi mahasiswa bahwa mereka telah memilih tempat kuliah yang tepat. Dikatakannya UT merupakan universitas negeri yang kemampuannyasekelasdengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia “Semua program studi di UT mendapatkan akreditasi minimal B dari BAN-PT dengan lima program studi terakreditasi A,” ujarnya.

 

Guna memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan pada nilai-nilai kemanusiaan, pada OSMB kali ini para peserta dibekali pula dengan materi mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara. Hadir sebagai pembicara yaitu Mayor Infanteri Agung Widi Palupi. Agung menyatakan bahwa pemuda memiliki peran penting bagi kemajuan bangsa dan negara. Ia mengingatkan bahwa istilah “gotong-royong” yang hanya ada di Indonesia sepatutnya menjadi pegangan bagi generasi muda untuk bahu-membahu menjaga keutuhan bangsa di tengah isu-isu soal rasisme yang marak dewasa ini.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Koordinator Registrasi dan Pengujian, Agus Setiawan, S.T. Agus memaparkan proses perkuliahan di UT dari mulai jenis dan cara registrasi, bagaimana manajemen waktu yang efektif dalam memahami modul, sampai pada mekanisme pelaksanaan ujian. Selanjutnya, pembahasan tentang layanan bantuan belajar apa saja yang tersedia di UT disampaikan oleh Drs. Munasik, M.Pd. Munasik juga mengingatkan kepada mahasiswa baru bahwa sangat penting untuk membaca modul. Di samping modul sebagai sumber belajar utama, mantan Koordinator BBLBA UT Pangkalpinang ini juga menginformasikan mengenai layanan Latihan Mandiri yang bias diakses melalui website UT Pangkalpinang. “Kalau mau cepat lulus manfaatkan Latihan Mandiri. Meski tidak berkontribusi apa-apa terhadap nilai ujian, tapi Latihan Mandiri bisa membatu proses mahasiswa dalam mempelajari modul,” ujarnya. Materi terakhir disampaikan oleh staf ICT (Information Communication and Technology), Ageng Yuliantoro, S.Kom. Ageng mengulas bagaimana cara tutorial online, membeli modul secara online, mengakses bahan ajar digital dan layanan SUAKA UT.

 

Di penghujung acara dilakukan sesi diskusi antara mahasiswa dengan para pimpinan dan staf UPBJJ-UT Pangkalpinang. Acara ditutup dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Kepala UT Pangkalpinang. Inti dari kegiatan OSMB adalah mengenalkan proses belajar di UT dengan menekankan pada proses belajar mandiri, bahwa belajar dapat dilakukan di mana saja dengan strategi dan media pembelajaran yang tepat. Semoga kegiatan OSMB Program FE, FHISIP, FMIPA, FKIP & Pascasarjana UT Pangkalpinang 2017.2 bermanfaat bagi seluruh mahasiswa baru yang hadir.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: