26 April 2017

Mahasiswa Komunikasi Universitas Terbuka-UPBJJ Pangkalpinang “Goes To” Suku Lom, Bangka

650 times

 Bangka bagian Utara, Dengan menggunakan jas almamater sejumlah mahasiswa komunikasi Universitas Terbuka UPBJJ Pangkalpinang didampingi Tutor Komunikasi, Rina Puji Astuti, S.IP.,M.A dan Teguh Arifianto, S.Ikom berangkat menuju dusun Pejem, Belinyu, Kabupaten Bangka (23/04). Dalam rangka studi lapangan pengenalan komunikasi antar budaya, mahasiswa komunikasi UT pangkalpinang diharapkan mampu mengembangkan kemampuannya berinteraksi dengan Suku LOM yang merupakan suku asli pulau Bangka yang masih memegang erat adat istiadatnya. Setelah 2,5 jam perjalanan sampailah di dusun pejem. Memasuki perkampungan suku lom di dusun Pejem layaknya perkampungan warga biasa didaerah lain. Keunikan dari suku Lom terasa pada saat ditanya agama yang dianut, “kami dakde agama”singkat jawaban Mis, penduduk dusun pejem yang tinggal di pesisir pantai. Sebutan Suku Lom merujuk ke komunitas yang belum memeluk suatu agama.

“Ini merupakan project awal mahasiswa komunikasi, konsepnya kita buat video dokumenter mengenai suku lom, dan ini belum selesai kita masih akan mengupayakan untuk secara totalitas merekam kegiatan keseharian dari suku Lom” jelas Teguh. “kita mengharapkan mahasiswa mampu mengeksplor kemampuannya berkomunikasi dengan masyarakat, tidak hanya jalan-jalan” Rina menambahkan.

Mengambil tempat didepan rumah adat, mahasiswa mulai merekam kegiatan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Jelang sore rombongan komunitas mahasiswa komunikasi kembali ke Pangkalpinang.(Bangkapos-24/04/2017)

 

Last modified on Wednesday, 26 April 2017 12:08

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: