Yth. Mahasiswa UPBJJ-UT Pangkalpinang,
 

Bersama ini kami informasikan Daftar Mahasiswa S1-PGSD dan S1-PGPAUD yang terjaring dan bisa mengerjakan Tugas Matakuliah (Treatment) Masa Registrasi 20172. Bagi mahasiswa yang Nama/NIM tercantum pada daftar mohon segera lakukan proses Registrasi Tugas Matakuliah dengan mencetak LIP Tugas Matakuliah di Kantor UPBJJ-UT Pangkalpinang dan membayarkan LIP tersebut ke Bank BRI, BTN atau Mandiri.

 

Loading...

 

 

 

Program S1 PGSD, S1 PGSD-BI, dan S1 PGPAUD yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka dikhususkan kepada guru-guru SD maupun Paud yang ingin memperoleh gelar sarjana pendidikan. Pada semester 2017.2 tahun ajaran 2017/2018.1 ini, sejumlah 260 guru SD dan Paud yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Bangka-Belitung tercatat sebagai mahasiswa baru UT Pangkalpinang. Seperti biasa, guna mengenalkan proses perkuliahan di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh bagi mahasiswa barunya, UT pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) setiap semester. Jika pada Agustus lalu telah diselengarakan OSMB untuk program FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP, pada Minggu (10/09/2017, bertempat di Hotel Puncak Pangkalpinang, kembali diadakan kegiatan OSMB khusus untuk FKIP Program S1-PGSD, S1-PGSD BI, dan S1-PGPAUD tahun ajaran 2017/2018.1. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh sekitar 170 mahasiswa baru.

Kepala UT Pangkalpinang, Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Ia menyampaikan bahwa melalui kegiatan OSMB diharapkan mahasiswa lebih memahami bagaimana sesungguhnya proses perkuliahan di UT. "Mindset kebanyakan orang, kuliah itu adalah tatap muka. UT itu perkuliahan jarak jauh, otomatis cara berpikirnya beda dengan tatap muka," tegas Adrian. Ditambahkan Adrian, konsep Jarak Jauh berarti harus menggunakan media pembelajaran, baik cetak maupun noncetak. Kepala UT pangkalpinang juga memotivasi mahasiswa untuk menggiatkan belajar mandiri. "Mandiri bukan artinya disuruh belajar sendiri, tapi lebih kepada konsep berpikir yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran," ujarnya.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi. Di sela-sela penyampaian materi mengenai jenis layanan registrasi di UT, Koordinator Registrasi dan Pengujian, Agus Setiawan, S.T., mengingatkan kepada mahasiswa bahwa masuk UT bukanlah ajang coba-coba atau sampingan. "Kuliah itu harus fokus, mahasiswa hendaklah menjaga kualitas belajarnya agar memperoleh nilai bagus," tegasnya. Sementara itu, koordinator BBLBA Yusuf, S.E., M.M. membahas tentang bahan ajar dan layanan bantuan belajar apa saja yang tersedia di UT. Yusuf mengatakan bahwa tutorial baik online maupun tatap muka bukan untuk mencari nilai karena tutor bukan yang memberikan nilai akhir kepada mahasiswa. "Kegiatan tutorial di UT lebih kepada memotivasi mahasiswa untuk belajar. Dengan kontribusi TTM 50%dan TUTON 30% terhadap nilai akhir mahasiswa, dengan syarat skor UAS Mahasiswa minimal 30 atau 30% jawaban benar dari jumlah soal," jelas Yusuf.

Kasubbag. TU UT pangkalpinang, Agus Saeful Mujab, SE., memberikan tips mengenai kunci sukses kuliah di UT, yaitu 3M; Modul, Model, dan Modal. Modul ialah sumber ilmu yang utama bagi mahasiswa UT, model berarti kreatif dan inovatif dalam mencari model belajar yang terbaik, adapun modal terkait DUIT, tapi DUIT di sini maksudnya ialah; Doa, Usaha, I'tikad, dan Tekad. "Cara belajar efektif adalah dengan berbagi ilmu. Dengan berbagi ilmu kepada orang lain, justru ilmu kita bertambah. Jadi pelajari materi dalam modul, setelah dipahami, sampaikan kepada orang lain, misalnya Bapak/Ibu tahu definisi HAM lalu ajarkan kepada murid-muridnya," ujar pria yang akrab disapa Mujab ini. Materi terakhir disampaikan oleh ICT (Information Communication and Technology), Agung Wicaksono, A.MD. yang memaparkan bagaimana cara tutorial online dan mengakses bahan ajar digital dan layanan SUAKA UT.

Menjelang akhir acara, diadakan sesi tanya-jawab antara mahasiswa dengan para pemateri, dikuti dengan kuis yang berhadiah souvenir dari UT pangkalpinang bagi para mahasiswa yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan dari MC. Kegiatan OSMB FKIP Program S1-PGSD, S1-PGSD BI, dan S1-PGPAUD tahun ajaran 2017/2018.1 ditutup oleh Kepala UT Pangkalpinang dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai tanda selamat bergabung menjadi mahasiswa UT.

 

Tagged under

Sebelumnya kami mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa UPBJJ-UT Pangkalpinang yang tercantum dalam daftar Undangan Wisuda Periode III Tahun 2017 (terlampir) yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Oktober 2017 di UT Pusat Pondok Cabe Pamulang, Tangerang Selatan.

 

Mohon cek NIM atau Nama Lengkap Anda pada daftar tersebut, bila NIM/Nama Anda tercantum maka selanjutnya silahkan Anda isi Surat Pernyataan BERSEDIA/TIDAK BERSEDIA untuk mengikuti pelaksanaan wisuda dengan format terlampir dan segera serahkan ke Kantor UPBJJ-UT Pangkalpinang.

 

Daftar Nama mahasiswa wisuda di UT Pusat Periode III Tahun 2017:

Loading...

 

 

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

 

Catatan:

  1. Bagi wisudawan yang tidak mendapat undangan mengikuti wisuda di UT Pusat diharapkan mengikuti UPI di UPBJJ-UT dengan ketentuan dan jadwal pelaksanaannya diatur oleh UPBJJ-UT setempat.
  2. Pas foto  ijasah harus sudah kami terima paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan wisuda di UT Pusat.

 

Tagged under

Berdasarkan hasil seleksi, terlampir disampaikan daftar penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Tahun 2017 sejumlah 800 mahasiswa.

Dana Beasiswa PPA 2017 disalurkan melalui 2 tahap. Ketentuan penyaluran tahap pertama adalah sebagai berikut.

  1. Dana beasiswa yang disalurkan melalui rekening mahasiswa sebesar Rp 2.400.000 per mahasiswa. Nomor rekening dan bank sebagaimana yang dicantumkan mahasiswa pada saat pendaftaran di laman http://sro.ut.ac.id/beasiswa/ppa/.
  2. Proses pencairan dalam jangka 1 (satu) bulan setelah tanggal pengumuman ini.
  3. Penerima beasiswa harus memastikan rekening aktif dan valid sesuai nama mahasiswa. Jika rekening tidak aktif atau tidak valid sehingga terjadi retur maka dana beasiswa dikembalikan ke kas negara.
  4. Penyaluran dana tahap ke dua akan diumumkan setelah dilakukan verifikasi ulang ketentuan dan persyaratan penerima beasiswa pada tahap pertama ini.
  5. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil seleksi Beasiswa PPA Tahun 2017 dan penyaluran dana tahap pertama dapat disampaikan melalui email beasiswa[at]ecampus.ut.ac.id.

Daftar mahasiswa penerima Beasiswa PPA Tahun 2017 ini ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor 4664/UN31/KEP/2017 dengan ketentuan apabila kemudian terdapat kekeliruan dalam penetapan tersebut, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Pembantu Rektor III,

 

ttd. Aminudin Zuhairi

 

Daftar nama mahasiswa UPBJJ-UT Pangkalpinang penerima beasiswa PPA Tahun 2017 :

Loading...

 

Sumber : http://www.ut.ac.id/pengumuman/2017/08/hasil-seleksi-beasiswa-ppa-tahun-2017-universitas-terbuka

Tagged under

Newsletter Subscriber

Name:
Email: