Kemahasiswaan

Kemahasiswaan (2)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Proin ornare consectetur sodales. Nulla luctus cursus mauris at dapibus. Cras ac felis et neque consequat elementum a eget turpis. Aliquam erat volutpat.

Muntok - Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1437 H, Mahasiswa/i Universitas Terbuka yang tergabung dalam Kelompok Belajar Mahasiswa – FISIP, FEKON, FMIPA, dan FKIP Kabupaten Muntok – Bangka Barat membagikan 500 paket takjil gratis kepada pengguna jalan di 2 wilayah, yaitu : di depan SPBU 24.33376 Kampung Jawa kecamatan Muntok dan di Taman Lokomotif dekat Tugu Soeta Muntok.

Takjil dibagikan dalam kemasan yang berisi, sop buah, kurma, empek-empek, kue roti lemak dan karnafis. Dengan penuh semangat dan keep smile mahasiswa/i UT KBM Muntok secara bergantian membagikan takjil-takjil yang dikemas dalam kantong plastik yang baru diselesaikan selepas azan Ashar. Jumlah takjil yang baru dibagikan pada pukul 16.15 WIB hari Minggu 12 Juni 2016 tersebut terdiri 200 kantong yang pembagiannya di mulai di depan SPBU 24.33376 dan sisanya 300 kantong di Taman Lokomotif dekat Tugu Soeta Muntok.

Dalam acara pembagian takjil tersebut, penanggung jawab lapangan Sdr. Wuddhie Prammurry, S.E. mengatakan saat ramadhan dipilih karena saat ramadhan yang penuh berkah adalah saat yang paling tepat untuk mahasiswa yang merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang mempunyai posisi strategis di dalam lingkungan sosial. Mahasiswa memiliki fungsi penting dalam lingkungan sosial yang diharapkan mampu memberikan konstribusi positif yang real untuk lingkungan di sekitarnya. Fungsi mahasiswa sebagai agent of change (unsur perubahan) diharapkan mampu memobilisasi kekuatan intelektual untuk mengubah lingkungan yang tidak islami dengan dinamika nilai-nilai islami, mengajak mahasiswa yang lain untuk kembali ke jalan Allah SWT. Dan agar menjadi mahasiswa yang bermutu islami dan berjiwa sosial yang tinggi dan jangan ragu berbagi kepada sesama. Kegiatan ini dinamakan “AKSI SIMPATIK RAMADHAN 1437 H”. Kegiatan ini bertemakan “Dengan Berbagi kepada Sesama Laksana Cermin yang Memantul”, pengaruh kebaikannya memantul untuk pelakunya. Selain pahala yang niscaya diraih, Allah juga selalu menggantinya secara lebih baik, bahkan bertambah-tambah sampai tak terhingga.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Aksi Simpatik Ramadhan 1437 H Sdr. Jum Ambali, S.E. Takjil diberikan kepada pengguna jalan di sekitar wilayah kecamatan Muntok selain sekedar untuk membatalkan puasanya selepas azan magrib nanti, ada kewajiban kami selaku pengurus KBM untuk mensosialisasi dan mempromosikan tentang Universitas Terbuka di wilayah kami, kota Muntok khususnya dan Kabupaten Bangka Barat pada umumnya, yang kami selipkan dalam kantong takjil yang diberikan. Dan meskipun jumlah takjil yang diberikan secara gratis tersebut hanya 500 kantong, tapi jumlah tersebut merupakan hasil secara swadaya dari partisipasi dan keikhlasan mahasiswa/i KBM Muntok.

Dalam kegiatan tersebut, tidak ada petugas khusus untuk membagikan takjil yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan pada kesempatan terpisah sekretaris Panitia Pelaksana Aksi Sdr. Syamsuri, S.IP mengatakan bahwa secara tertulis kita sudah menyurati Kasat Lantas dan Kapolsek untuk meminta izin pengunaan jalan dalam aksi dan karena jumlah panitia yang tergabung dalam kepanitiaan sekitar 40 orang, maka pembagian tersebut dapat diselesaikan dalam lebih kurang 15 dan 20 menit di setiap lokasi pembagian. Kepanitiaan terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, seksi PUBDOKLAT (4 orang), seksi HUMAS DANUS (4 orang), seksi konsumsi (20 orang) dan seksi kemanan (6 orang) serta seksi transportasi (3 orang). Penyampaian informasi tentang pembagian takjil gratis ini juga kami siarkan melalui radio Pilar Muntok sela Sdr. Fitriyah selaku seksi Pubdoklat ujarnya.

Alhamdulilah acara yang telah digagas oleh Ketua Pengurus KBM Muntok, Bapak Wuddhie Prammurry, S.E. dan beberapa ketua jurusan prodi Manajemen, Sdri. Fitriyah dan Sdr. Nur Kholis, ketua jurusan Adm. Negara Sdri. Dedra Helen dan ketua jurusan Ilmu Pemerintahan Sdri. Nimas Apriliandini berjalan sukses, lancar dan aman, sehingga mendapat respon positif dari masyarakat kota Muntok.

Kegiatan pembagian takjil berakhir pada pukul 17.30 WIB, sambil ngabuburit para mahasiswa bersenda gurau dengan penuh keceriaan sambil mengemas barang-barang yang dibawa dalam aksi yang mengunakan 2 mobil minibus dan acara ditutup dengan berbuka bersama kepada seluruh panitia. Terima kasih kepada seluruh panitia atas kerjasama yang baik, semoga amal ibadah kita semua dapat dilipatgandakan sampai sepuluh, seratus bahkan tak terhingga, aamiin. (udi).

UPBJJ-UT Pangkalpinang kembali menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) FISIP, FEKON, FMIPA dan FKIP pada Sabtu (06/08/2016) lalu. Berbeda dengan OSMB sebelum-sebelumnya, acara kaliini diikutijugaoleh mahasiswa baru dari Program Pascasarjana. Antusiasme mahasiswa baru mengikuti OSMB terlihat daribanyaknya jumlah yang hadir memenuhi Aula Graha Tama Wiyata yang bertempat di Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak pagi sampai siang hari itu, yakni 422 mahasiswa.

Tagged under

Newsletter Subscriber

Name:
Email: