Sambutan Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang

 

 

 

Hasmonel, S.H., M.Hum, Kepala UBPJJ-UT Pangkalpinang: Hiduplah Bermanfaat di Setiap Tempat

 

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) merupakan kepanjangan tangan dari Universitas Terbuka yang berpusat di Pondok Cabe, Tangerang <![if !vml]><![endif]>Selatan, yaitu sebagai pelaksana teknis kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik di daerah. UPBJJ-UT memiliki tugas dalam hal penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh dengan salah satu fungsi pokoknya adalah mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerja sama dengan berbagai instansi. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Kepala UPBJJ-UT bersama seluruh staf dituntut untuk menjalin hubungan yang positif dengan berbagai pihak. Maka dari itu, setiap UPBJJ-UT sudah semestinya dipimpin oleh seorang Kepala yang kompeten dan ‘mumpuni’ mengingat pentingnya tugas dan fungsi UPBJJ-UT dalam membantu mewujudkan visi & misi Universitas Terbuka.

 

Kantor UT di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, UPBJJ-UT Pangkalpinang, per 22 Januari 2018 resmi dipimpin oleh Kepala yang baru yakni Hasmonel, S.H., M.Hum, menggantikan Kepala sebelumnya, Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. Hasmonel akan menjabat sebagai Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang untuk periode 2018 — 2022. Pria kelahiran Pagar Alam, 11 Juli 1961 ini memiliki segudang pengalaman karir di UT, antara lain sebagai Tenaga Pengajar dan Koordinator Registrasi & Pengujian di UPBJ-UT Bengkulu, Ketua Program Studi D3 Perpajakan FHISIP UT Pusat, Staf Ahli Kantor Pembantu Rektor IV UT Pusat, Pembantu Rektor III UT Pusat, Kepala UPBJJ-UT Bogor. Yang terakhir, sebelum dilantik sebagai Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, bapak 3 orang anak dan juga kakek 2 orang cucu ini merupakan Ketua Satuan Pengawasan Internal UT Pusat masa 2012 — Januari 2018.

 

Pada minggu pertama memulai tugasnya di Pangkalpinang, Hasmonel telah melakukan audiensi dan silaturahmi dengan berbagai pimpinan instansi guna menjaga hubungan baik serta mempererat kerja sama antara UPBJJ-UT dengan instansi-instansi yang ada di wilayah Bangka Belitung. UT Pangkalpinang berkolaborasi dengan berbagai instansi atau pemangku kepentingan mendukung program pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia melalui konsep pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, sekaligus ikut andil dalam menaikkan jumlah Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK PT) di Bangka Belitung, inilah yang menjadi tujuan dari program-program mantan Kepala UPBJJ-UT Bogor ini ke depan. "UT adalah perguruan tinggi yang bisa menjangkau semua kalangan masyarakat untuk kuliah. Karena itu, UT melalui kerja sama dengan berbagai pihak diharapkan dapat memfasilitasi lulusan SLTA di Bangka Belitung agar sebanyak mungkin melanjutkan ke pendidikan tinggi," ujarnya.

Ditemui di ruangan Kepala kantor UPBJJ-UT Pangkalpinang, Senin (12/02/2018), penggemar olah raga tenis lapangan ini tidak hanya bercerita terkait visi & misi serta program-program UPBJJ-UT, tetapi juga mengungkapkan bagaimana dirinya berprinsip untuk selalu berbuat kebaikan dalam hidup. "Setiap ada kesempatan jangan lewatkan untuk selalu berbuat baik tanpa mengharap balasan, kecuali dari Allah SWT," ucapnya. Lulusan Pascasarjana Universitas Sumatera Utara ini memiliki motto "Dibuang ke darat menjadikan lahan subur makmur. Dilepas ke laut menjadi sumber daya samudera. Dilempar ke udara menjadi cahaya alam semesta", yang berarti di manapun berada atau ditempatkan bisa memberikan manfaat bagi orang-orang maupun lingkungan sekitar. "Ketika saya ditempatkan ke daerah, saya senang-senang saja. Karena saya merasa ini amanah dan menjadikan kesempatan bagi saya untuk bekerja sebaik-baiknya, berbuat baik sebanyak-sebanyaknya, serta memberikan manfaat bagi orang-orang sekitar saya," kata pria yang juga pernah menjadi Kepala Program Studi D3 Perpajakan FHISIP UT ini.

 

Hasmonel juga berpesan kepada seluruh mahasiswa UT Pangkalpinang untuk mengutamakan kemandirian dalam proses belajarnya. "Berpeganglah kepada para tokoh ilmuwan dunia, semisal Thomas Alva Edison, Albert Einstein, James Watt, Alexander Graham Bell, dan lain-lain. Mereka menjadi hebat bukan karena mendapat ilmu yang diantar oleh orang lain, melainkan karena ilmu itu mereka cari sendiri untuk kemudian mereka aplikasikan sendiri sehingga mampu menciptakan sesuatu yang kemudian berguna bagi masyarakat di seluruh dunia," pesannya. Menurut Sarjana Hukum UNSRI ini kemandirian justru menjadikan hidup berkualitas, dan hanya kehidupan yang berkualitas yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Terakhir, pria yang akrab disapa Monel ini berharap seluruh pegawai UPBJJ-UT Pangkalpinang beserta pihak-pihak terkait bisa bersinergi guna mencapai visi misi UT dan turut mensukseskan program Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di wilayah Kepulauan Babel. "Dan semoga apa yang kita upayakan bersama dapat menjadi ladang ibadah bagi kita semua," ujarnya. Selamat mengemban amanat sebagai Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang periode 2018 — 2022, Hasmonel, S.H., M.Hum. Selamat berjuang memajukan dunia pendidikan di bumi serumpun sebalai.

 

 

Biodata:

           

Nama Lengkap                     : Hasmonel

Tempat/Tanggal Lahir           : Pagar Alam (Sumatera Selatan), 11 Juli 1961

 

 Riwayat Pendidikan Perguruan Tinggi

 

Tahun

Lulus

Jenjang

Perguruan Tinggi

Jurusan/

Bidang Studi

1997

Strata 2

PPs. USU

Ilmu Hukum

1986

Strata 1

Fak. Hukum UNSRI

Ilmu Hukum

 

 Riwayat Pekerjaan

 

1987—1998 sebagai Tenaga Pengajar dan Koordinator Registrasi & Pengujian di UPBJ-UT Bengkulu.

1998 — 2001 sebagai Ketua Program Studi D3 Perpajakan FHISIP UT Pusat.

2001 — 2003 sebagai Staf Ahli Kantor Pembantu Rektor IV UT Pusat.

2003 — 2011 sebagai Pembantu Rektor III UT Pusat.

2011 — 2012 sebagai Kepala UPBJJ-UT Bogor.

2012 — Januari 2018 sebagai Kepala Satuan Pengawasan Internal UT Pusat.

Januari 2018 — saat ini sebagai Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: