06 May 2019

BABEL SAMAH SAJA: SIAPKAN DIRI JADI SARJANA LEWAT OSMB UNIVERSITAS TERBUKA

709 times

 

Mengusung tagline “Babel Samah Saja (Satu Rumah Minimal Satu Sarjana), Minggu, 3 Maret 2019, Universitas Terbuka Pangkalpinang melaksanakan kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) Tahun Akademik 2018/2019.2 (Masa Registrasi 2019.1). Kegiatan OSMB yang rutin dilaksanakan setiap semester ini diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (termasuk program SI PGSD, SI PGSD-BI, dan SI PGPAUD) serta Pascasarjana.

Untuk memperkenalkan proses perkuliahan yang menerapkan sistem belajar jarak jauh kepada seluruh mahasiswa baru menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. Bertempat di Grand Parai Ballroom, Sahid Hotel Bangka, UT Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan OSMB Wilayah Pulau Bangka dengan dihadiri sejumlah 305 mahasiswa baru dari berbagai program, yakni Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan sambutan Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Drs. Munasik, M.Pd. selaku Tenaga Pendidik di lingkungan UT Pangkalpinang. Beliau juga sekaligus membuka kegiatan OSMB mewakili Direktur UT Pangkalpinang.

Acara OSMB dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pentingnya kesiapan belajar bagi mahasiswa baru oleh narasumber, Dr. Ibrahim, M.Si. Dengan dimoderatori Rosalita Agustini, S.IP., M.AP., Ibrahim berfokus penuh untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. Disampaikan Ibrahim, bahwa saat ini mahasiswa baru akan mulai memasuki atmosfer baru yang bahkan mungkin tidak menyenangkan, karena tentunya tidak akan seperti rutinitas sehari-hari. Mahasiswa baru akan memiliki mimpi baru, target baru yang tentunya harus disertai dengan kebiasaan baru dan tradisi baru. Dalam materinya, Ibrahim juga menyampaikan kisahFilosofi Katak Kecil” yang bermakna bahwa untuk menjadi sarjana, mahasiswa baru butuh menggunakan filosofi katak kecil yang tidak melulu mendengarkan persepsi orang lain. Pengibaratan katak kecil dalam kisahnya harus turut diterapkan oleh mahasiswa baru untuk selalu positif, bersikap tulus, dan tidak ragu pada kemampuan diri. “Tutup telinga kanan, tutup telinga kiri, dan berkatalah saya akan jadi sarjana, stay focus!” kata Ibrahim. Ibrahim turut juga menyampaikan, bahwa mahasiswa baru UT patut berbangga, karena sistem perkuliahan online yang diterapkan oleh UT sudah mulai diadopsi oleh berbagai Perguruan Tinggi lain. Oleh karenanya, mahasiswa baru harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman demi menyambut era industri 4.0. Di akhir materi, Ibrahim menyampaikan sebuah kalimatmata rantai kemiskinan, mata rantai kebodohan, dapat diputus dengan pendidikan,”.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi-materi tentang bagaimana menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, antara lain mengenai pemahaman konsep Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), dilanjutkan dengan pemaparan hal-hal yang berkenaan dengan registrasi dan ujian oleh Manajer Keuangan dan Umum, Umar Sumardi, S.E. seperti tata cara registrasi hingga kode etik mahasiswa ketika melaksanakan Ujian Akhir Semester yang semuanya bertujuan untuk memudahkan mahasiswa baik ketika masa registrasi maupun masa ujian. Selanjutnya adalah penyampaian materi bahan ajar dan tutorial oleh Dessy Mayasari, S.IP., M.AP. tentang kiat untuk belajar mandiri dengan menggunakan berbagai strategi, mempelajari bahan ajar dengan berbagai teknik, serta jenis tutorial yang diberikan sebagai fasilitas bagi mahasiswa mengingat sistem perkuliahan jarak jauh yang diterapkan oleh UT, yang tentunya menuntut mahasiswa untuk aktif dan inisiatif. Terakhir, Ageng Yuliantoro, S.Kom, staff ICT UT Pangkalpinang turut menyampaikan materi mengenai pengenalan UT Online kepada mahasiswa baru, yang mencakup Tutorial Online, Toko Buku Online, Perpustakan Digital, Bahan Ajar Digital, Latihan Mandiri, Sistem Informasi Akademik (SIA), dan Layanan Suaka UT.

Setelah semua materi selesai, para peserta OSMB diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya-jawab. Dilanjutkan dengan kuis berkenaan dengan materi yang sebelumnya telah disampaikan. Kegiatan OSMB ditutup dengan penyematan jas almamater oleh Manajer Keuangan dan Umum UT Pangkalpinang Umar Sumardi, S.E. dan Dessy Mayasari, S.IP., M.AP. selaku Tenaga Pendidik UT Pangkalpinang, kepada perwakilan mahasiswa baru, serta diakhiri dengan do’a bersama. Dengan berakhirnya kegiatan OSMB tersebut, tentunya semua pihak berharap bahwa tagline “Babel Samah Sajatak hanya sekedar kata, namun dapat terwujud dengan keinginan dan sinergi bersama.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: