01 October 2019

388 TUTOR HADIRI EVALUASI, PEMBEKALAN, DAN SHARING PENGALAMAN ENTRI NILAI TTM

1031 times

 

 

 

A group of people sitting at a table in a roomDescription automatically generatedSabtu dan Minggu (28/09/2019 dan 29/09/2019), UT Pangkalpinang melaksanakan kegiatan evaluasi, pembekalan, serta sharing pengalaman terkait praktik baik entri nilai oleh tutor FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP masa registrasi 2019.2 untuk wilayah Tutorial Tatap Muka (TTM). Pulau Bangka. Seminggu sebelumnya, Sabtu (21/09/2019) dilakukan kegiatan yang sama bertempat di SMKN 1 Tanjungpandan. Kegiatan dilaksanakan di Lt.2 Ruang Pertemuan kantor UT Pangkalpinang dan Ruang Pertemuan SMKN 1 Tanjungpandan dihadiri kurang lebih 388 orang tutor. Pelaksanaan di Kantor UT Pangkalpinang dibagi dalam 4 sesi. Evaluasi dan pembekalan ini bertujuan untuk menyampaikan kinerja, hal-hal yang perlu dilakukan, informasi kepada tutor sebagai bahan perbaikan berkelanjutan, perencanaan dan up date informasi terkait dengan perbaikan kualitas TTM.

Dalam materinya, Manager Bahan Ajar dan Tutorial (BAT), Yusuf, S.E., M.M menekankan betapa penting peran dan fungsi tutor dalam membantu proses belajar mahasiswa pada saat TTM. “Mahasisiwa yang berhasil memahami materi tutorial akan tercermin dari kualitas hasil UAS yang diikutinya, oleh sebab itu tutor harus benar-benar memberikan pemahaman materi tutorial kepada mahasiswanya nanti.

Hal teknis yang disampaikan berupa evaluasi pelaporan, hasil angket tutorial, hasil pemantauan TTM 2019.1. Dilanjutkan materi pembekalan meruntut kepada sistematika proses pembelajaran aktif, menjelaskan konsep tutorial, mengajak mahasiswa untuk aktif dan berkomit dalam belajar serta menguraikan administrasi tutorial yang harus dilaksanakan. “Acuan utama tutorial adalah penyiapan RAT dan SAT, Kisi-Kisi dan Rancangan Tugas, serta Pedoman Penskoran, 4 hal tersebut harus terencana dan disiapkan sebelum melaksanakan tutorial. Pelaporan seperti daftar kehadiran, catatan pertemuan, rekap pengumpulan tugas I, II, III, rekap nilai partisipasi, dan rekap nilai akhir tutorial harus teliti dan benar sesuai dengan rumus nilai untuk selanjutnya dilakukan penginputan. Tutor juga harus mengumpulkan bukti fisik tugas mahasiswa atas nilai mahasiswa tertinggi dan terendah pada masing-masing tugas I, II, dan III. Kesemua berkas tersebut harus sudah kami terima tanggal 2 Desember 2019. Target kita 0 kesalahan penginputan.” Tekan Yusuf, S.E., M.M dan M. Tarmizi, S.E.

A group of people in a roomDescription automatically generated

Sesi selanjutnya, merupakan share pengalaman dalam praktik baik entri nilai dan penyiapan laporan TTM yang disajikan oleh Tutor Ibu Evayanti Br. Rambe, S.E.Ak., M.S.Ak, Bapak Rusdiar, S.AP., M.Si, Ibu Maya Yusnita, S.E., M.Si, Ibu Silvia, S.Kom., M.Kom, Bapak Hattami Amar, S.E., M.M, Bapak Dinar Pratama, S.Ag., M.Pd, Bapak M. Adha Al Kodri, S.Sos., M.A, Bapak Raelan Hafizh, S.STP., M.Si, Indah Fajarasih Yunedinia, S.Sos., M.I.Kom, Bapak Syamsul Bachri, S.E., M.Ec.Dev, Bapak Anshori, S.AP., M.Si, Bapak Romi'at, S.P., M.E. Bagian ini merupakan sesi menarik, karena berupa diskusi pengalaman masing-masing tutor sehingga ditemukan trik dan tips untuk menjaga ketelitian tutor. Pada penutupan acara, Manager BAT mengucapakan selamat menutor dan semoga kualitas pelaksanaan TTM 2019.2 semakin baik. Yus.08

 

Last modified on Tuesday, 01 October 2019 17:47

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: