27 March 2021

PKBJJ DARING RANGKAIAN EKBM MABA 2021.1

47 times

Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ke 45 terdepan dalam inovasi pendidikan tinggi jarak jauh harus memperkenalkan Sistem Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh melalui Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) kepada Mahasiswa Baru (Maba). Rangkaian EKBM diawali melalui kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa BAru (OSMB) yang lebih dulu telah diselenggarakan tanggal 6-7 Maret 2021 secara daring. Selanjutnya, untuk lebih mendalam lagi mengenalkan dan memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan kepada Maba agar siap dan berhasil dalam menyelesaikan studinya, UT Pangkalpinang memberikan Pelatihan Keterampilan Jarak Jauh (PKBJJ) yang juga dilaksanakan secara daring.

 

Kegiatan PKBJJ UT Pangkalpinang diselenggarakan bertahap (dalam 5 sesi), yaitu tanggal 13 & 14 Maret 2021 serta  tanggal 21 Maret 2021. Manfaatnya, untuk memberi kesempatan kepada maba untuk dapat hadir di sesi lainnya jika berhalangan, sehingga kehadiran mahasiwa tinggi. Setelah mengikuti PKBJJ, maba diharapkan dapat mengelola waktu untuk membuat rencana belajar yang efektif, memahami cara tepat membaca dan merekam hasil baca, mengetahui kiat-kiat sukses mengikuti tutorial online (Tuton), terampil mengakses layanan UT online, dan bagaimana cara tepat mempersiapkan diri mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Diperkenalkan juga layanan online baru UT.

Sesi I tanggal 13 Maret 2021 diikuti oleh mahasiswa baru yang berdomisili dari Kota Pangkalpinang dan sesi II tanggal yang sama diikuti oleh mahasiswa baru yang berdomisili dari Kab. Bangka  dan Kab. Bangka Selatan. Selanjutnya, sesi III tanggal 14 Maret 2021 diikuti oleh mahasisa baru yang berdomisil dari Kab. Bangka Tengah dan Kab. Bangka Barat dan sesi IV tanggal yang sama diikuti oleh mahasisa baru yang berdomisil dari Kab. Belitung dan Belitung Timur. Terakhir adalah sesi V tanggal 21 Maret 2021 diikuti oleh mahasisa baru yang berdomisili di seluruh Kab/ Kota Prov. Kepulauan Bangka Belitung yang tidak dapat mengikuti pada sesi tanggal 13 dan 14 Maret 2021. Jumlah kehadiran sbanyak 68,19 % atau 521 orang mahasiswa dari total maba 764 orang mahasiswa.

Untuk menambah kehidmatan, rangkaian acara PKBJJ diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UT, Mars UT, dilanjukan dengan materi-materi PKBJJ dan di selingi dengan video-video tentang UT. Dalam penyampaian materi, instruktur yang merupakan Dosen dan Staf di UT Pangkalpinang memberikan kesempatan tanya jawab kepada mahasiswa peserta pelatihan. Sebagai penutup, kami sebagai instruktur mengucapkan salam sukses dan terapkan praktik ini untuk dapat menunjang kesuksesannya menimba ilmu menyelesaikan studi di Universitas Terbuka.

Last modified on Saturday, 27 March 2021 09:22

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: