24 November 2021

Kunjungan Wakil Rektor IV Ke SALUT Pangkalpinang di Tanjungpandan & Talkshow Bersama BFM Radio Belitung

177 times

 

 

Sepanjang tahun 2021, dunia Pendidikan Indonesia melakukan banyak perombakan terhadap sistem belajar siswa dan mahasiswa. Hal ini dipicu penyebaran virus Covid19 yang melanda negara ini sejak pertengahan Maret 2020 lalu. Mendikbud kemudian mengeluarkan Surat Edaran No. 36962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentangPembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Namun bagi Universitas Terbuka, penerapan sistem belajar secara daring bukanlah hal yang baru. Sebagai kampus negeri yang berdiri sejak 37 tahun yang lalu, Universitas Terbuka menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan sepenuhnya melalui pembelajaran jarak jauh. Universitas Terbuka baik di pusat maupun di daerah, dalam satu dasawarsa terakhir telah mengembangkan sistem belajar daring demi efisiensi agar Pendidikan tinggi dapat menjangkau ke seluruh pelosok negeri, bahkan dunia. Kurang lebih ada 2270 mahasiswa yang tersebar di hampir 40 Negara di seluruh dunia, seperti di Malaysia, Singapura, Hongkong dan Arab Saudi.

Begitu pula dengan Universitas Terbuka Pangkalpinang yang mendengar harapan agar SDM di provinsi kepulauan ini semakin unggul dan berdaya saing tinggi. Isu ini diangkat dalam Talkshow bertajuk “SDM Unggul dan Kreatif melalui konsep Digital Learning Ecosystem” yang disiarkan secara live di BFM Radio Belitung, Senin 15 November 2021 lalu. Tak tanggung-tanggung, talkshow ini mendatangkan narasumber Bapak Rahmat Budiman,S.S., M.Hum., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Universitas Terbuka serta Bapak Hasmonel, S.H., M.Hum. selaku Direktur Universitas Terbuka Pangkalpinang. Selain dihadiri oleh dua petinggi dari Universitas Terbuka, talkshow ini bahkan juga dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur, Bapak Drs. Jafri, M.Si  yang turut menyemarakkan suasana dan menyuarakan aspirasi masyarakat Belitung Timur seputar Pendidikan di Universitas Terbuka.

Dalam Talkshow yang berdurasi kurang dari 60 menit tersebut dijelaskan oleh Wakil Rektor IV, bahwa Universitas Terbuka selalu mengadakan inovasi dan perubahan yang baik khususnya dalam hal pengembangan teknologi belajar atau Digital Learning Ecosystem. Manfaat jangka Panjang yang diharapkan melalui Digital Learning Ecosystem ini adalah lulusan Universitas Terbuka mampu untuk kreatif dan bersaing menghadapi era industri 4.0. “Kuliah itu bukan harus ke Jakarta, Yogyakarta, meninggalkan rumah, B-Lovers harus mengubah paradigma tersebut. Universitas Terbuka ada untuk menjangkau yang tidak bisa dijangkau oleh Perguruan Tinggi tatap muka. Tidak perlu ngekos, tidak perlu keluar ongkos, tapi hasilnya jos!tegas Wakil Rektor IV dengan mantap.

 Direktur Universitas Terbuka Pangkalpinang menambahkan jika program belajar yang dikembangkan oleh UT ini akan berdampak baik bagi Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) di lingkungan provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terhitung sejak 13 Agustus 2020, Universitas Terbuka Pangkalpinang secara resmi mendirikan sebuah kantor bernama Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di Tanjungpandan yang siap melayani registrasi dan persoalan 2049 mahasiswa aktif UT di dua Kabupaten yaitu Belitung dan Belitung Timur. Keberadaan kantor ini juga diharapkan mampu menyukseskan cita-cita Universitas Terbuka sebagai kampus yang memiliki motto “Making higher Education Open to All”, serta mewujudkan program “Babel Samah Saja, Satu Rumah Minimal Satu Sarjana, Kuliah OK, kerja OK, Bersama UT”.

Dukungan dari DPRD Kabupaten Belitung Timur juga disampaikan oleh Ketua Komisi III Drs. Jafri, M.Si terhadap sistem DLE yang diterapkan Universitas Terbuka. Kerjasama yang diharapkan kedepannya adalah UT bisa dengan mudah membantu mewujudkan SDM  berkualitas dengan sistem belajarnya, serta DPRD akan menjalankan fungsinya semaksimal mungkin agar semakin banyak yang bisa mengenyam perkuliahan dengan bantuan beasiswa di UT. Drs. Jafri, M.Si juga berharap kedepannya akses internet yang bagus bisa menjangkau ke seluruh pelosok daerah Belitung Timur sehingga sistem perkuliahan online lebih efektif lagi.

Dalam kunjungannya ke Belitung pada tanggal 15 November 2021 lalu, Wakil Rektor IV Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D juga menyempatkan berkunjung ke kantor SALUT untuk peninjauan lapangan secara langsung serta mengikuti pertemuan dengan pimpinan DPRD kabupaten Belitung Timur. Salah satu poin yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah bagaimana UT bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas SDM di institusi maupun Lembaga yang ada di Belitung dan Belitung Timur, selain itu Wakil Ketua II DPRD Suladi, S.E. juga menegaskan tentang DPRD yang akan selalu siap berkontribusi demi kemajuan Universitas Terbuka di daerah Belitung Timur. Pertemuan hangat tersebut diakhiri dengan momen pertukaran cinderamata yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor IV kepada Ketua Komisi III Drs. Jafri, M.Si. begitu pula sebaliknya.

 

 

Last modified on Wednesday, 24 November 2021 08:02

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: