0717 - 424986
0823-7117-8900
ut-pangkalpinang@ecampus.ut.ac.id
Ragam Keseruan dalam Perayaan Dies ke-39 UT dalam Tatanan dan Budaya Kerja Baru
Ragam Keseruan dalam Perayaan Dies ke-39 UT dalam Tatanan dan Budaya Kerja Baru
Sen, 4 September 2023 3:01
Diesnatalis2023_UT

Ragam Keseruan dalam Perayaan Dies ke-39 UT dalam Tatanan dan Budaya Kerja Baru

Kemeriahan aneka ragam budaya terpancar pada baju adat/etnis dari berbagai daerah yang dikenakan oleh para pegawai Universitas Terbuka (UT) baik yang hadir secara luring di UT Pusat  dan daring di 39 UT Daerah, merayakan hari jadi yang ke-39 pada Senin, 4 September 2023. Hal ini menggambarkan UT yang mempersatukan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, tidak hanya mahasiswanya namun juga para pegawainya. Menggambarkan semangat dengan satu visi meningkatkan kualitas layanan proses penyelenggaraan pendidikan jarak jauhnya dan untuk memenuhi tuntutan peningkatan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi masyarakat Indonesia. Yaitu semangat bekerja bersama menuju 1 Juta Mahasiswa.

Rangkaian kegiatan Dies ke-39 UT tahun 2023 ini melibatkan partisipasi dari mahasiswa, masyarakat, juga pegawai UT dalam lomba-lomba Disporseni Nasional tahun 2023 dan lomba-lomba Dies tahun 2023 ini dimulai sejak akhir Mei 2023. Kegiatan lomba-lomba tersebut tidak lepas selain untuk menanamkan rasa kebersamaan di antara pegawai dan mahasiswa, juga untuk memperkenalkan UT kepada masyarakat agar citra positif UT makin meningkat. Lomba-lomba juga meliputi kegiatan-kegiatan akademisi yang melibatkan partisipasi dosen-dosen UT yang syarat makna yaitu untuk peningkatan wibawa akademik selain kegiatan-kegiatan semarak lainnya yang telah dilakukan.

Pada acara puncak Dies ke-23 UT, seluruh mitra, para alumni UT pun diundang untuk merasakan pencapaian UT hingga kini. Tak lupa UT dengan para pemimpin dan pejabat UT terdahulu yang telah menorehkan kemajuan UT dari awal berdiri, beliau-beliau pun turut hadir, diantaranya para Rektor UT terdahulu (Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo – Rektor ke-3 UT Periode 1996-2001, Prof. Atwi Suparman. M.Sc. – Rektor ke 4 UT Periode 2001 sd 2009, Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. – Rektor ke-5 UT Periode 2009-2017, serta para Wakil Rektor UT terdahulu).

Menandai terjalinnya kerja sama UT dengan mitra, acara ini pun dilengkapi dengan agenda penandatanganan MoU dan PKS antara UT dan Pemkot Tangerang, dimana Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, M.Kes., B.Sc. hadir menandatangani MoU dengan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Hadiah ulang tahun untuk UT ke-39 tahun 2023 kali ini pun sangat spesial, yaitu UT mendapatkan penghargaan dari Rekor MURI UT untuk tiga kaegori Award. Jaya Suprana hadir melalui video ucapan selamatnya kepada UT, sedangkan secara luring tiga award disampaikan oleh Jusuf Ngadri, Direktur Operasional MURI. Kategori MURI Award yang diterima UT pada tahun 2023 ini yaitu; 1) Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak (51 Negara), 2) Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 Peserta Ujian), 3) Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 Eks.).

Pada acara puncak Dies ke-39 tahun 2023 ini, UT juga meluncurkan laman dan aplikasi yang baru yaitu launching Website UT (http://www.ut.ac.id) dengan tampilan yang lebih kekinian, informatif, dan fresh look. Tampilan baru website UT ini bertujuan untuk dapat meningkatkan citra positif dan awareness masyarakat terhadap keunggulan (selling point) UT. Selain itu UT juga meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan e-Asset dengan harapan masyarakat dan pegawai UT lebih mendapatkan layanan dan sistem informasi hukum  dan aset-aset UT yang lebih up to date dan komprehensif.

Peluncuran Buku pun tak luput dari setiap perayaan Dies Natalis UT, Kali ini ada 6 buku yang diluncurkan antara lain:

  1. 39 Tahun Universitas Terbuka: Tatanan dan Budaya Kerja Baru, Mewujudkan Indonesia Maju (Tim Penulis dari UT Pusat )
  2. Quality Assurance of Blended & Online Learning: Standards and Implementation (Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.)
  3. Pendidikan IPS: Konstruktivistik dan Transformatif (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi)
  4. Hermeneutika dan Semiotika dalam Puisi (Dr. M. Arifin Zaidin, M.Pd., Patmawti Halim, M.Pd., UT Makassar)
  5. Universitas Terbuka, 39 th Bertransformasi (Try Harijono)
  6. Berbekal Doa Emak, Anak Desa Meraih Mimpi  (Tri Harijono)

Pada acara puncak Dies ke-39 UT ini juga disampaikan penghargaan (award) kepada mitra terbaik UT yang telah berdedikasi mendukung kemajuan UT sesuai kategori:

  1.  “Citra Paramesti” kepada Irjen Pol, Midi Siswoko, S.I.K, (Kapolda Maluku Utara) sebagai Mitra Individu Terbaik dari UT Ternate. Paramesti berarti orang yang bediri paling depan dalam bahasa Sansekerta. Penghargaan ini diberikan kepada individu di luar lingkungan Universitas Terbuka yang terus berdiri paling depan memperkenalkan dan memberikan dukungan kepada UT.
  2. “Citra Saghatana” kepada PT. Arutmin Indonesia sebagai Mitra Lembaga/Institusi Terbaik dari UT Banjarmasin. Saghatana berarti organisasi dalam bahasa Sansekerta. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi, lembaga, instansi pemerintah, dan swasta yang memberikan dukungan luar biasa kepada Universitas Terbuka.
  3. “Citra Pararta” kepada Media Tribun sebagai Media Massa Terbaik. Pararta berarti berita dalam bahasa Sansekerta yang Penghargaan ini diberikan kepada media massa yang mewartakan citra positif Universitas Terbuka (dari sisi kuantitas dan kualitas).

Satu lagi, keseruan acara puncak Dies ke-39 UT tahun 2023 menjadi semakin membahana karena pegawai-pegawai UT Pusat yang hadir di UTCC maupun pegawai-pegawai dan mahasiswa-mahasiswa di UT Daerah yang menyaksikan dua tampilan artis kenamaan melalui aplikasi zoom dan Youtube. Yaitu artis Indonesian Idol Kamasean Mathews yang merupakan mahasiswi Prodi Ilmu Hukum FHISIP UT dan Diva Indonesia, Krisdayanti. Secara keseluruhan pada momen acara puncak Dies ke-39 UT kali ini, banyak keseruan dan kebahagiaan baik karena penyampaian informasi pemenang lomba-lomba Dies dan Disporseni, juga karena tampilan dan suguhan entertaint yang sangat fenomenal.

Satu poin yang perlu diangkat pada acara puncak Dies ke-39 UT kali ini yaitu penyampaian rasa bahagia dan gelora oleh Prof. Ojat Darojat dimana UT kini yang telah berstatus PTN-BH, akan terus menanamkan insight “Tatanan dan Budaya Kerja Baru”, “Mari membangun manusia dan Indonesia yang lebih baik bersama Universitas Terbuka” dan juga “Terus bersemangat menuju UT 1 Juta Mahasiswa” yang pada akhirnya dalam upaya membangun generasi emas penerus bangsa mewujudkan Indonesia Emas yang Maju pada tahun 2045.

sumber : https://www.ut.ac.id/berita/2023/09/rayakan-dies-ke-39-ut-tanamkan-tatanan-dan-budaya-kerja-baru/
Artikel & Berita

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

480 Mahasiswa UT Pangkalpinang Diwisudakan, Diharapkan Memajukan Ilmu Pengetahuan dan Kompetensi
BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Universitas Terbuka (UT) Pangkalpinang menggelar wis...
Rab, 10 Juli 2024 | 2:04
Tertarik pada Pembelajaran Jarak Jauh, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sambangi UT Pusat
Sebagai pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Tanah Air...
Rab, 13 September 2023 | 11:07
UT Gelar Hasil Riset dan Inovasi PTJJ Tahun 2023
Kegiatan yang pada tahun 2022 sangat dirasakan manfaatnya, kembali digelar da...
Kam, 7 September 2023 | 11:58
Kuliah bisa dari mana saja, UT hadir untuk anda
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque consequat ex...
Kam, 13 Juli 2023 | 12:36