0717 - 424986
0823-7117-8900
ut-pangkalpinang@ecampus.ut.ac.id
UT Gelar Hasil Riset dan Inovasi PTJJ Tahun 2023
UT Gelar Hasil Riset dan Inovasi PTJJ Tahun 2023
Kam, 7 September 2023 11:58
IMG_1979-1024x683

Kegiatan yang pada tahun 2022 sangat dirasakan manfaatnya, kembali digelar dan lebih megah dari tahun sebelumnya. Kegiatan tersebut adalah Gelar Hasil Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (GALERI PTJJ) dengan tema “Kreativitas dan Orisinalitas Emerging Technologies untuk Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh”. Kegiatan GALERI PTJJ Tahun 2023 ini telah sukses diselenggarakan oleh Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ), Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Terbuka (UT) pada tanggal 7 September 2023 secara offline di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Kegiatan GALERI PTJJ ini telah dua kali dilaksanakan dan akan rutin dilakukan setiap tahunnya.

Prof. Daryono sebagai Ketua pelaksana kegiatan ini melaporkan GALERI PTJJ merupakan kolaborasi inovasi antara dunia pendidikan, dunia usaha dan industri. Produk riset dan inovasi dihasilkan oleh para dosen di lingkungan UT, perusahaan, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah yang fokus pada pengembangan teknologi dalam pendidikan, khususnya pada PTJJ. Rangkaian GALERI PTJJ berisi penayangan video berupa mozaik produk mitra, virtual tourtaklshow oleh para pembicara dari Universitas Terbuka, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), SMA Negeri 2 Tangerang Selatan, SMK Negeri 17 Jakarta, Artificial Intelegence Center Indonesia (AICI) Universitas Indonesia, Metanesia dari PT Telkom Indonesia, Huawei Indonesia, dan Festivo. Terdapat 40 stand yang memamerkan hasil riset inovasinya sehingga para peserta kegiatan dapat berkunjung dari stand ke stand lainnya untuk memperoleh informasi mengenai identitas hasil riset dan inovasi produk yang digelar, cara penggunaan, hingga kebermanfaatan suatu produk. Prof. Daryono pun berharap kegiatan GALERI PTJJ ini dapat menjadi ajang show case PTJJ di Indonesi. Hal ini karena pada GALERI PTJJ tahun 2023 ini berbeda konsepnya dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 ini GALERI PTJJ kedua ini  mengundang pihak eksternal yang diharapkan dapat lebih menampilkan variasi hasil riset dan inovasi yang lebih bermanfaat bagi dunia usaha dunia industri (DUDI), dunia pendidikan (pengembangan kurikulum), dan juga bagi masyarakat.

Prof. Dewi Artati Padmo Ketua LPPM-UT menyampaikan, sebagian besar hasil-hasil riset dan inovasi UT pada GALERI PTJJ tahun 2023 ini adalah hasil kerja sama antara LPPM dan Fakultas dimana ouputnya dapat dihilirisasikan ke dalam tiga hal. Yaitu untuk pengembangan bahan pembelajaran UT (bahan ajar interaktif maupun tutorial online), untuk kegiatan pengabdian masyarakat, dan untuk diaplikasikan ke dunia industri sehingga menjadi bidang bisnis UT yang akan dikelola oleh Pusat Pengelolaan Bisnis dan Inovasi (PBBI) UT.

Pada kesempatan pembukaan GALERI PTJJ UT tahun 2023 ini UT pun menghadirkan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  Kemendikbudristek RI, Prof. Dr. Faiz Syuib, M.Agr. secara daring melalui Zoom. Prof Faiz menyampaikan rasa optimis terhadap prospek masa depan UT, karena UT kini telah berstatus hukum PTN-BH dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbesar di tanah air. Beliau optimis, pendidikan masa depan yang ditawarkan UT menjanjikan, karena sesuai dengan perkembangan jaman dan masa depan pendidikian tinggi di Indonesia. Prof. Faiz pun menyampaikan agar UT semakin percaya diri untuk terus berkembang dengan meneguhkan positioning-nya yang unggul dalam kualitas metodologi dan pembelajaran terbuka dan pembelajaran jarak jauh.

Sebelum membuka dan berkunjung ke stand-stand yang ada di UTCC, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. bersemangat menyampaikan, UT memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah juga komunitas pendidikan tinggi. Banyak perguruan tinggi berkunjung ke UT untuk belajar PTJJ. UT akan terus leading dalam teknologi pendidikan, dengan menghasilkan berbagai teknologi-teknologi baru yang mendukung kualitas pembelajaran jarak jauh. “Metode pembelajaran yang ditawarkan UT merupakan future education. Melalui teknologi, delivery pendidikan pun menjadi lebih fasterbetter, dan cheaper,” pungkas Pak Rektor.

GALERI PTJJ tahun 2023 pada dasarnya dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2023 dan juga merupakan salah satu rangkaian dari acara Dies Natalis ke-39 Universitas Terbuka. Kegiatan GALERI PTJJ pun menjadi wadah untuk memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak dalam menghasilkan produk-produk riset dan inovasi berbasis teknologi demi penyelenggaaran layanan pendidikan terbuka dan jarak jauh yang lebih berkualitas.

Artikel & Berita

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

480 Mahasiswa UT Pangkalpinang Diwisudakan, Diharapkan Memajukan Ilmu Pengetahuan dan Kompetensi
BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Universitas Terbuka (UT) Pangkalpinang menggelar wis...
Rab, 10 Juli 2024 | 2:04
Tertarik pada Pembelajaran Jarak Jauh, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sambangi UT Pusat
Sebagai pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) di Tanah Air...
Rab, 13 September 2023 | 11:07
Ragam Keseruan dalam Perayaan Dies ke-39 UT dalam Tatanan dan Budaya Kerja Baru
Ragam Keseruan dalam Perayaan Dies ke-39 UT dalam Tatanan dan Budaya Kerja Ba...
Sen, 4 September 2023 | 3:01
Kuliah bisa dari mana saja, UT hadir untuk anda
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque consequat ex...
Kam, 13 Juli 2023 | 12:36