09 August 2017

DUA PULAU PEMBEKALAN TUTOR UT FEKON, FHISIP, FKIP, FMIPA 2017.2

330 times

 

Bermula, Sabtu (05/08/2017) Unit Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) UPBJJ-UT Pangkalpinang mengadakan pertemuan dengan para tutor Non Pendas 2017.1 yang berada di Pulau Belitung. Pertemuan yang dilaksanakan di Lt.5 Aula Hotel Puncak Tanjung Pandan, Belitung ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan TTM 2017.1 dan membekali kembali tutor 2017.2 tentang pengetahuan seputar perencanaan dan pelaksanaan tutorial dengan baik serta isu-isu terkait dengan perbaikan kualitas TTM. Esensi Pembekalan Tutor Belitung ini sama dengan di Pulau Bangka dengan mengambil tema “Dengan Profesionalisme, Tutor Siap Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh UT”

Pertemuan Tutor Belitung dihadiri oleh 36 Tutor dari total 42 Tutor pada Kab. Belitung dan Kab. Belitung Timur. Dari jajaran UPBJJ-UT dihadiri oleh mewakili Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, Bapak Agus Saeful Mujab, S.E dan Koordinator BBLBA Bapak Yusuf, S.E., M.M.

Secara marathon, Minggu (06/08/2017) kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pulau Bangka. Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Hotel Bangka City mengusung tujuan dan tema yang sama. Pertemuan tutor Bangka dihadiri oleh 112 Tutor dari total 157 tutor se Kab/Kota Pulau Bangka. Pada kedua pulau dihadiri tutor dari praktisi pendidikan, advokat, kepolisian dan birokrat pemerintahan. Dari jajaran UPBJJ-UT dihadiri oleh Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang, Bapak Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si dan Koordinator BBLBA Bapak Yusuf, S.E., M.M.

Dalam pembukaannya, Kepala UPBJJ-UT Pangkalpinang menekankan Profesionaltas dan Komitmen tinggi para tutor dalam melaksanakan “mengamankan” proses TTM. “tutor harus tetap menjaga komitmen dalam memberikan pelayanan TTM. Harus dapat menjadi transfer ilmu yang baik dan memfasilitasi segala bentuk pembelajaran mahasiswa dengan mengacu kepada pedoman administrasi tutorial yang ditetapkan. Jadikan mahasiswa yang Bapak/ Ibu tutor didik memiliki prestasi akademik yang gemilang, jelas Bapak Adrian Sutawijaya, SE., M.Si

Koordinator BBLBA, Yusuf, S.E., M.M menyampaikan evaluasi TTM 2017.1 dan materi pembekalan meruntut kepada sistematika proses pembelajaran tutorial, menjelaskan kembali konsep tutorial dan menguraikan dengan detail kaidah-kaidah administrasi tutorial yang harus dilaksanakan tutor. “Acuan Utama pembelajaran dalah RAT dan SAT, Kisi-Kisi dan Rancangan Tugas, serta Pedoman Penskoran, empat hal ini harus terencana dan disiapkan sebelum melaksanakan tutorial. Media Powerpoint akan mempermudah para tutor sekalian untuk menjelaskan materi kepada mahasiswa. Tahapan administrasi seperti absensi kehadiran mahasiswa, catatan pertemuan, rekap pengumpulan tugas I, II, III, dan Rekap nilai akhir tutorial harus diisi dengan teliti dan benar rsesuai dengan rumus nilai akhir tutorial. Tutor juga harus mengumpulkan bukti fisik tugas mahasiswa atas nilai mahasiswa tertinggi dan terendah pada masing-masing tugas I, II, dan III. Kesemua berkas tersebut harus sudah kami terima paling lambat tanggal 31 Oktober 2017, jelas Bapak Yusuf, S.E., M.M. Pada penutupan, Koord BBLBA mengucapakan selamat menutor dan tingkatkan terus integritas tutorial untuk capaian prestasi gemilang mahasiswa. yus/17

 

Last modified on Thursday, 10 August 2017 00:42

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Newsletter Subscriber

Name:
Email: